Senin, 07 September 2015

✿ 8 Tips Menjaga Kesehatan Hati.


Hidup sehat tentu merupakan hidup yang di inginkan setiap umat manusia di dunia ini, Karena jika dalam kondisi sehat setiap orang bisa melakukan aktivitas apapun tanpa harus memikirkan penyakit yang di alaminya.

Maka dari itu perhatikan kesehatan filter racun dalam tubuh anda yaitu 'hati', pastikan hati anda selalu dalam kondisi yang sehat dan terawat.

Menjaga kesehatan hati merupakan suatu yang harus di lakukan setiap manusia agar terhindar dari berbagai penyakit, Hati sendiri berfungsi untuk memfilter setiap racun - racun yang ada pada makanan melalui aliran darah.

Ada 8 cara ampuh yang bisa kalian lakukan untuk tetap menjaga hati tetap sehat.

1). Konsumsi sayuran dan buah setiap hari, seperti bawang putih, bawang bombai, kubis, brokoli, apel dan jeruk lemon untuk membantu memperlancar pengeluaran racun tubuh (detoksifikasi). Keluarga kubis juga mengandung mineral yang baik untuk membantu eliminasi racun dari asap rokok atau tembakau. Pilih produk organik jika mungkin, untuk mengurangi cemaran pestisida dan zat racun lainnya.

2). Kurangi berat badan jika berlebih, supaya terhindar dari perlemakan hati. Fatty liver dapat mengarah pada sirosis, gagal hati dan kanker hati.

3). Lakukan tes rutin di laboratorium, untuk mengetahui kondisi hati. Jika terdapat infeksi virus hepatitis B atau C, jalani pengobatan segera dan tuntas.

4). Jalani vaksinasi hepatitis A dan B, supaya daya tahan Liver lebih baik.

5). Pilih Seks aman, gunakan kondom atau jangan gonta - ganti pasangan seksual, Seks yang tidak aman, bahkan penggunaan sikat gigi, jarum suntik, alat cukur yang terkontaminasi secara bersama - sama pun bisa menyebarkan infeksi hepatitis B maupun C.

6). Batasi konsumsi alkohol. Meskipun pria lebih berisiko terkena kanker hati ketimbang perempuan (3 - 5 : 1 ), dan konsumsi alkohol lebih umum di kalangan pria, tetapi konsumsi alkohol bisa memperbesar risiko perempuan untuk terkena masalah di hati. Lebih baik memperbanyak minum air putih.

7). Olahraga teratur, seperti aerobik akan meningkatkan kebugaran dan membantu mengurangi stres, kelelahan dan depresi. Proses detoksifikasi juga ikut membaik, sehingga tubuh terbebas dari racun.

7). Hindari penggunaan obat - obatan yang melebihi dosis. Konsultasikan dengan dokter bila harus mengonsumsi obat kimia maupun herbal, serta suplemen.


Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya… Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan... Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya… Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah… Yang laki2 entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid… Bahagiakanlah keluarganya… Luaskan rezekinya seluas lautan… Mudahkan segala urusannya… Kabulkan cita-citanya… Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji… Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar. Aamiin ya Rabbal'alamin.

“Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” (Imam Syafi’i)



 
;